Kamis, 14 April 2011

Apa itu XPages?

Menurut wikipedia, XPages adalah platform pengembangan aplikasi web dan mobile yang rapid. XPages memungkinkan data Lotus Notes dapat ditampilkan di web browser.

Model pemrograman xPages menggunakan standards pengembangan web secara umum, seperti: JavaScript, Ajax, the Dojo Toolkit, Server-side JavaScript, JavaServer Faces dan tentunya dengan database berbasis dokumen. Aplikasi XPages berjalan di server IBM Lotus Domino.

Sejak Domino Desginer versi 8.5 (Desember 2008), IBM Lotus mulai memperkenalkan fungsionalitas baru dari Lotus Domino yakni XPages. Domino Designer 8.5 menggunakan Eclipse Framework untuk pengembangan dan deployment yang ekstensif. Eclipse merupakan platform pengembangan open source. XPages menjadi sebuah runtime baru yang mendukung pengembangan aplikasi Web 2.0 dengan mudah dan intuitif.

Apa itu Web 2.0? Menurut buku O’Reilly dan Wikipedia, Web 2.0 adalah Rich internet applications, yang melibatkan AJAX, Dojo, Cascading Style Sheets (CSS) untuk memisahkan bagian presentasi dan data serta menggunakan XHTML dan HTML markup, menggunakan Folksonomi (misalnya tags dalam form atau tagclouds), memiliki Application Programming Interface (API) berbasis REST (Representational State Transfer) atau XML dan API berbasis JSON (JavaScript Object Notation). Web 2.0 juga memiliki data syndication, aggregation dan notification berupa RSS atau Atom feeds dan kemampuan Mashups, merging content dari sumber data yang berbeda.

Dalam Domino Designer 8.5, XPages menjadi design elemen baru yang memungkinkan runtime dan design time untuk mengenerate aplikasi web modern. XPages merupakan code XML murni berisi control, data source, business logic dan custom controls dengan standar teknologi JSF.
XPages memberikan solusi bagi keterbatasan aplikasi Domino versi lama seperti: pemisahan user interface dan data, HTML generation control, server state, localization dan extensibility serta kemampuan targeting multiple client. Visual Design Page, Source Page, Control Palette, Outline View, semuanya terintegrasi dalam Domino Designer 8.5.







Tertarik membuat aplikasi web dengan XPages? Ikuti posting selanjutnya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar